Mungkin diantara kita ada yang belum tau perbedaan dari keempat bentuk tugas akhir tersebut, yaitu KTI, Sekripsi, Tesis, dan Disertasi. oleh sebab itu, disini saya akan berusaha memberikan gambaran secara singkat mengenai perbedaan dari keempat tugas tersebut dari beberapa sisi perbedaan. Yaitu:
1. KTI
KTI atau singkatan dari Karya Tugas Ilmiah, adalah tugas akhir yang dibebankan kepada mahasiswa yang akan menyelesaikan perkuliahan jenjang D3. Secara pembahasan dan kajiannya, KTI hanya sebatas mendeskripsikan serta memunculkan permasalahan yang ada dipandang dari sudut pandang keilmuan tertentu. KTI hanya menyebutkana teori yang ada.
Jika diibaratkan dalam buah, maka KTI menyebutkan jenis dan macam buah-buahan.
2. Sekripsi
Sekripsi adalah tugas akhir yang dibebankan kepada mahasiswa yang akan menyelesaikan pendidikan S1. Sekripsi lebih ilmiah dari KTI, karena dalam Sekripsi sudah lebih terperinci langkah-langkah penelitiannya, serta pembahasan tema yang akan dibahas sudah jelas. Sekripsi hanya menjelaskan teori yang ada.
Perumpamaannya dalam buah adalah Membahas kulit buah.
3. Tesis
Tesis adalah tugas akhir yang dibebankan kepada mahasiswa yang akan menyelesaikan tugas akhir Strata 2. Penelitian dibanding dengan Sekripsi maka tesis lebih spesifik serta mendalam akan kajiannya, tidak melabar dan membahas tema yang lebih khusus. Tesis tugasnya adalah mengotak atik teori yang ada menjadi teori yang baru
Perumpamaan dalam buah adalah membahas akan isi/dalam buah tersebut
4. Disertasi
Sedangkan disertasi adalah tugas akhir yang dibebankan kepada mahasiswa yang akan menyelesaikan perkuliahan s3. Disertasi lebih spesifik dan mendalam dibandingkan Tesis. Disertasi tugasnya adalah menemukan teori baru menggunakan teori yang lama.
Dalam perumpamaan buah maka disertasi adalah Biji dalam dari buah tersebut.

Semakin tinggi jenjang pendidikannya, maka semakin jelas peran mahasiswa dalam perkembangan ilmu pengetahuan. oleh sebab itu tahapan-tahapan ini adalah dalam rangka perkembangan ilmu pengetahuan tersebut.

Terima Kasih