Setiap mahasiswa yang akan menyusun sekripsi, maka kebingunan yang pertama adalah menentukan judul apa yang akan diangkat dan ditulis menjadi laporan akhir perkuliahannya? Namun, perlu saya tekankan disini bahwa mahasiswa harusnya bingung menentukan tema penelitian bukan judul sekripsi, beda? Jelas beda. Dilain kesempatan akan saya jelaskan lebih detail perbedaan dari Tema penelitian dan Judul sekripsi.
Baiklah, disini saya sampaikan beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan jika mahasiswa ingin menentukan tema/judul sekripsi yang nantikan akan menjadi garapannya. Diantaranya adalah sebagai berikut:
1.        Apa manfaat saya meneliti tema tersebut?
Pertanyaan tersebut sangat esensial, mengapa? Karena penulisan sekripsi bukan lah sebatas penulisan belaka, namun harus ada manfaat dan kegunaan yang diberikan. Jangan berfikir asal jadi dan asal lulus, namun harus ditekankan manfaat yang nantinya diberikan oleh karya kita, baik untuk diri sendiri, kampus, masyarakat, dan dunia Pengetahuan.

2.  Bisa kah saya mencari referensi sebanyak mungkin?
Mengapa pertanyaan kedua ini harus ada? Sekripsi adalah karya Ilmiah dimana teori penelitiannya kita menyadur dari teori para ahli yang sudah ada. Makanya kita diharuskan mampu mengumpulkan sebanyak mungkin sumber rujukan. Bisa dari buku, Jurnal Ilmiah, Essay, Media cetak maupun elektronik, dan sebagainya. Selain itu, referensi juga berguna bahan pertimbangan kita.

4.  Kapan dan dimana penelitian akana nda laksanakan?
Sekripsi yang akan kita garap akan membutuhkan respondok dan kerja sama dari objek penelitian kita. Makanya kita harus bias menentukan Waktu penelitian dan tempat penelitian. Bagi mahasiswa yang suka tantangan bias saja mengambil tempat penelitian didaerah yang memang belum pernah dikenal. Sebaliknya, mahasiswa yang ingin gampang dan cepat selesai berusaha memilih tempat penelitian yang dekat saja dan sudah hafal keadaannya.

5. Siapa yang kita teliti?
Sekripsi yang kita tulis adalah berupa data-data penelitian yang sudah kita dapatkan dilapangan. Bagiamana kita bias menulis laporan tersebut jika kita tidak menentukan objek penelitian kita. Makanya, sangat penting menentukan objek penelitian ini. Bahkan, keterikatan dan kebebasan responden sangat menentukan mutu dan kualitas penelitian kita.
Nah, jika kita sudah mempertimbangankan masak-masak beberapa hal diatas, maka menulis sekripsi bukan lah hal yang susah dan serem amat, bahkan sangat mudah dan menantang. Intinya adalah, Usaha yang matang, dan berdoa kepada Allah SWT.
Selamat berenovasi